1News.id Samarinda – Walikota Samarinda, Syaharie Jaang memimpin langsung jalannya apel HUT ke 65 Satpol PP dan HUT ke 53 Satuan Linmas pada Senin (4/5) kemarin. Peringatan hari jadi ke 65 Satuan Polisi Pamong Praja dan hari jadi ke 53 Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) tahun 2015 di Gedung Olahraga (Gor) Madya Sempaja Samarinda ini dihadiri ratusan personil Satpol PP dan Limas Se-Kaltim.

Tema HUT tahun ini adalah Dengan Semangat Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja Ke 65 Dan Satuan Perlindungan Masyarakat Ke 53 Kita Tingkatkan Kemampuan Profesional Anggota Dalam Penegakan Perda, Pembinaan Ketentraman Dan Ketertiban Umum, Serta Pemberian Pertolongan Pada Masyarakat. 

Jaang berpesan agar Satpol PP tidak lagi bertindak kasar dan keras dalam melaksanakan tugas tugasnya. Selain itu dalam menegakan Perda Satpol PP juga diharapkan tidak melakukan kekerasan dengan alasan apapun sebaliknya harus mengedepankan cara cara dialog dan persuasif.

“Peringatan hari jadi ke 65 ini dijadikan momentum perubahan sikap dan cara pandang Satpol PP sebagai pelayan masyarakat sekaligus penegak Perda di daerah masing masing,” ucapnya. Walikota menekankan pada peran Satpol PP agar semakin profesional sehingga diharapkan seluruh personil tidak lagi hanya mengandalkan otot semata namun juga pikiran dan perasaannya.

Lebih Lanjut Walikota menyampaikan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat adalah institusi yang sangat penting dan strategis bagi jalannya roda pemerintahan di daerah. Peningkatan peran satuan polisi pamong praja yang harus melaksanakan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar.

“Lewat kesempatan ini saya mengajak agar seluruh personil Satpol PP dan Sat Linmas agar terus menjaga kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah, sehingga dapat lebih profesional, kompeten dan berintegritas tinggi yang pada saatnya nanti dapat lebih menunjang tugas pokok dan fungsi operasional di lapangan,” tutupnya. (ipp)

Berikan Tanggapanmu