1News.id, Kutai Kartanegara – Mungkin ini bisa menjadi contoh dan pelajaran bagi pengguna kendaraan lainnya, terutama para remaja yang kerap menggunakan sepeda motor secara ugal-ugalan dan melakukan aksi balapan liar di jalanan. Dimana, Sabtu (23/5/2015) pagi tadi sekitar pukul 11.00 Wita di Depan Kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), dua remaja tertangkap tangan oleh Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kukar sedang mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm. “ Mereka mau nonton balapan disamping Kantor Bupati. Mereka kira kalau ada balapan terus nggak pakai helm,” tegas Anggota Satlantas Polres Kukar, Brigpol Dedy Darmawan kepada 1News.id.

Kedua remaja yang tinggai di Taman Arum, Kecamatan Loa Kulu ini langsung diberikan sanksi, namun sanksi yang diberikan kali ini bukanlah sebuah tilang, melainkan berdiri sambil membacakan Pancasila di Halaman Kantor Bupati Kukar. “ Tidak kita tilang, mereka berdua hanya kami minta berdiri sambil hormat dan membacakan Pancasila sebanyak lima kali,” ucap Dedy.

Dedy mengatakan, dua pelanggar ini tidak hanya menggunakan helm, tapi keduanya juga tidak memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) karena masih duduk dibangku SMP. Selain disuruh berdiri selama 20 menit, kedua orang tuanya juga dipanggil untuk melihat tingkah laku kedua anaknya tersebut. “ Kita panggil orang tuanya, baru mereka kami pulangkan. Padahal satu dari mereka itu ada yang mau ikut balapan di samping Kantor Bupati,” terangnya. (bay)

Berikan Tanggapanmu